Pelatihan di IFI Thamrin Jakarta Bagi Penanggung Jawab Rumah Perancis

Seminar Pelatihan Penanggung jawab Warung Prancis 2019 atau Seminaire de Formation de Responsables de Warung Prancis 2019 diadakan pada hari Selasa, Rabu dan Kamis tanggal 19 – 21 November 2019. Kegiatan ini diikuti oleh berbagai perwakilan dari 31 Warung Prancis yang tersebar di institusi-institusi pendidikan seluruh Indonesia. Universitas Padjadjaran mengirimkan 2 orang perwakilan untuk mengikuti kegiatan tersebut, yakni Rizal Fadilah sebagai kepala Departemen Keilmuan Himaper dan Noya Puja Kesuma sebagai pengurus harian Rumah Prancis.

Direktur Institut Prancis di Indonesia, Stéphane Dovert memberikan pidato sambutan pada Kegiatan Seminaire de Formation des Responsables de Warung Prancis 2019 di Auditorium IFI Thamrin, Jakarta, Selasa 19 November 2019.

Kegiatan ini diadakan untuk menunjang pengetahuan dan keahlian pengurus WP dalam menjalankan Warung Prancis sebagai pusat informasi bahasa, budaya, dan pendidikan Prancis. Maka dari itu, kegiatan ini diisi dengan berbagai pelatihan yang berhubungan dengan Warung Prancis secara umum dan objektifnya untuk tahun 2020, Campus France, France Alumni, IFI dengan 5 divisi kerjasama, Pengelolaan Sosial Media Instagram serta peluncuran Bienvenue En France. Untuk mengukur pengetahuan peserta terkait informasi yang disampaikan, maka diadakan pre-test sebelum satu subjek materi disampaikan dan post-test setelah materi selesai disampaikan oleh tiap pembicara untuk mengukur sejauh mana peserta memahami informasi secara keseluruhan.

Materi Campus France seputar langkah studi ke Prancis, beasiswa dan visa pelajar yang dipaparkan oleh Penanggung Jawab Campus France, Nur Fitria (Regional Jakarta) dan Karina Ganaputri (Regional Bandung) di Auditorium IFI Thamrin, Jakarta, Rabu 20 November 2019

Warung Prancis selain merupakan tempat yang dapat dimanfaatkan khalayak umum untuk mengakses buku dan DVD film, ia berdiri sebagai penghubung universitas dengan negara Prancis. Warung Prancis merupakan sarana yang penting untuk melakukan kerjasama dalam pertukaran pengetahuan dan budaya. Dengan adanya Warung Prancis, maka mahasiswa, peneliti, dosen dan sivitas akademika memiliki akses untuk menggali informasi seputar prosedur kuliah di Prancis, beasiswa, collaborative research peneliti universitas dan peneliti asal Prancis termasuk program pendanaan penelitian, akses IF Cinéma, dan akses untuk mendatangkan pembicara dan artis Prancis tanpa biaya.

Penanggung jawab Rumah Prancis Unpad usai peluncuran program Bienvenue en France, di IFI Thamrin, Jakarta, Rabu 20 November 2019.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan Warung Prancis di setiap institusi dapat terus menjalankan misi Warung Prancis. Yakni untuk menyebarkan pengetahuan, bahasa, dan budaya serta promosi pendidikan Prancis sebagai salah satu negara tonggak keilmuan di dunia. Misi ini dapat diwujudkan dengan penyelenggaraan berbagai program kegiatan di Warung Prancis, seperti kelas inisiasi bahasa Prancis, nonton film bareng, diskusi, seminar, serta kegiatan-kegiatan lain yang tidak harus selalu berhubungan dengan Prancis, namun juga kegiatan yang berhubungan dengan budaya lokal dan nasional sebagai wujud cultural understanding.